APA ITU HIDROLIK...?
Hydraulic adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan zat cair , biasanya oli, untuk melakukan suatu gerakan segaris atau putaran. sistem ini bekerja berdasarkan prinsip Jika suatu zat cair dikenakan tekanan, maka tekanan itu akan merambat ke segala arah dengan tidak bertambah atau berkurang kekuatannya Sistem Hidrolik adalah teknologi yang memanfaatkan zat cair, biasanya oli, untuk melakukan suatu gerakan segaris atau putaran. Sistem ini bekerja berdasarkan prinsip Jika suatu zat cair dikenakan tekanan, maka tekanan itu akan merambat ke segala arah dengan tidak bertambah atau berkurang kekuatannya Hukum Archimedes.
2.Hidraulic System
Hydraulic power system adalah
suatu system pada pesawat terbang yang menggunakan tekanan zat cair
(hydraulic) sebagai media untuk menggerakkan sistem – sistem yang
terkait dengan komponen – komponen yang lain, seperti menggerakkan
ground spoilers, flight spoilers, leanding gear, nose gear steering,
trailing edge flaps, leading edge devices, ailerons, elevators, leanding
gear brakes’ rudder, dan thrust reverser.
Keunggulan dari
system hydraulic adalah tenaga yang di butuhkan untuk menggerakkan
flight control lebih ringan, jadi seorang pilot tidak perlu mengeluarkan
tenaga yang besar dalam menggerakkan control colom.
PRINSIP DAN HUKUM YANG DI APLIKASIKAN DALAM SYSTEM HYDRAULIC
JENIS – JENIS FLUIDA HYDRAULIC
Cairan hydraulic
adalah media yang memungkinkan terjadinya peralihan tekanan dan energi
yang juga berfungsi sebagai media pelumasan, sehingga mengurangi gesekan
yang terjadi pada bagian – bagian komponen yang bergerak. Jenis – jenis
cairan hydraulic :
- Mineral base oil
MIL – H – 5606, merupakan prodak
dari minyak bumi dan berwarna merah , banyak digunakan pada system
terutama system yang tidak menimbukan api, seperti flap dive system dan
shock strut.
Sifatnya : 1. Mudah terbakar
2. Tidak beracun
3. Jarak jelajahnya rendah
4. Berguna sebagai pelumas
5. Tidak bersifat merusak
- Phosphate ester base oil
Skydrol BMS 3 – 11, merupakan
prodak synthetic atau buatan, berwarna ungudan dipakai diseluruh system
hydraulic di pesawat terbang.
Sifatnya : 1. Jarak jelajah – 65 F sampai 225 F
2. Mudah terkontaminasi
3. Dapat merusak bagian komponen
4. Dapat mengelupas cat pesawat
5. Tidak mudah terbakar
6. Beracun
KOMPONEN- KOMPONEN HYDRAULIC SYSTEM PADA PESAWAT TERBANG
1. Reservoir berfungsi sebagai tangki penampungan cairan hydraulic yang terdiri dari tiga
reservoir yaitu masing – masing untuk System A, System B, dan Standby System.
2. Hydraulic pump berfungsi untuk menghisap dan menyalurkan (memompa) tekanan
hydraulic ke system.
3. Pressure modul berfungsi untuk mengatur dan mengolah hydraulic pressure yang keluar
dari hydraulic pump sebelum masuk ke sub system.
4. Return modul berfungsi untuk mengatur dan mengolah hydraulic pressure setelah
digunakan oleh sistem dan dilengkapi dengan filter
5. Case drain berfungsi untuk mengalirkan tekanan hydraulic langsung ke return modul
melalui head exchanger ketika tekanan hydraulic tidak lagi digunakan oleh system.
6. Head exchanger berfungsi untuk mendinginkan cairan hydraulic yang melalui case drain.
7. Ground interconnect valve berfungsi untuk menghubungkan atau mengalirkan tekanan
hydraulic dari hydraulic system B ke hydraulic system A pada saat di ground.
8. Hydraulic shut off valve berfungsi untuk memutuskan aliran dari tekanan hydraulic.
9. Hydraulic panel berfungsi untuk mengontrol dan mengoperasikan hydraulic system.
10.Check valve berfungsi untuk mengalirkan tekanan hydraulic ke satu arah.
11.Relief valve berfungsi untuk membuang tekanan hydraulic yang berlebihan.
12.Balance line berfungsi sebagai penghubung dan menyalurkan pneumatic bleed air dari
reservoir system A ke reservoir system B dan reservoir standby system.
Hydraulic System boeing 737-800/900
Blog ini sangat bermanfaat bagus siip lah pokoknya
BalasHapusBlog ini sangat bermanfaat bagus siip lah pokoknya
BalasHapus