BIDANG-BIDANG KENDALI TERBANG PESAWAT UDARA (AIRCRAFT FLIGHT CONTROL SURFACES)
Sabtu, 29 November 2014
Pengendalian
pesawat udara saat terbang dikontrol dalam tiga sumbu , yaitu sumbu lateral ,
sumbu longitudinal dan sumbu vertical, oleh bidang-bidang control ( flight
control surfaces). Bidang-bidang control ini memandu pesawat udara selama
terbang mulai take off, climbing, cruising , descent sampai landing. Flight
control surfaces dibagi dalam tiga (3) kelompok utama yaitu primary
control surface , secondary control surfaces dan auxiliary control surface
BIDANG-BIDANG
KENDALI TERBANG UTAMA ( PRIMARY FLIGHT
CONTROL SURFACES ).
Primary
flight control surface terdiri dari aileron, elevator dan rudder..
Aileron
dipasang di bagian traling edge sayap, berfungsi mengontrol gerakan miring (
banking) ,belok ( turning) dan berputar dengan tumpuan sumbu longitudinal (
rolling). Pergerakan antara aileron kanan dan kiri arahnya saling berlawanan
Elevator dipasang di horizontal
stabilizer, berfungsi mengontrol gerakan pitching(nose up and down ) dengan
tumpuan sumbu lateral .
Rudder dipasang di vertical stabilizer,
berfungsi mengontrol arah kiri dan kanan
( hiding) atau yawing , dengan tumpuan sumbu vertical.
BIDANG-BIDANG
KENDALI TERBANG PEMBANTU ( SECONDARY
FLIGHT CONTROL SURFACES)
Yang
termasuk secondary flight control surface adalah macam-macam tabs yaitu : trim tab , servo tab, spring tab, balance
tab.
Fungsi tabs
adalah :
- untuk
membantu pilot mengurangi gaya yang dibutuhkan untuk menggerakkan primary
flight
control .
- untuk membantu
pilot dalam melakukan trim and balance
pesawat saat kondisi terbang.
Tab
merupakan bidang control yang kecil yang dipasang pada bagian trailing edge
dari primary control surfaces. Perhatikan gambar 24 !
TRIM TAB ,
berfungsi mengontrol keseimbangan sebuah pesawat udara sehingga dapat menjaga
dan mempertahankan posisi terbang dalam kondisi lurus dan mendatar (straight
and level ) , tanpa tekanan pada control column, control wheel atau rudder
pedal.Sebagian besar trim tab dipasang pada pesawat udara dioperasikan secara
mekanikal dari cockpit melalui sistem kabel. Akan tetapi ada juga yang
dioperasikan menggunakan electrical actuator. Trim tab dipasang pada elevator ,
rudder dan aileron.
SERVO TAB,
sering disebut flight tab , digunakan
terutama untuk main control surface yang besar/lebar, yang bekerja membantu
pergerakan control surface dan menahannya pada posisi yang diinginkan. Hanya
servo tab yang bergerak merespon terhadap pergerakkan cockpit control, dimana horn dari dari servo tab bersifat bebas
terhadap pivot sumbu engsel main
control surface. Tekanan aliran udara pada servo tab akan menggerakkan primary
control surface, dengan demikian mengurangi tenaga yang dibutuhkan pilot untuk
menggerakkan primary control surface tersebut.
BALANCE
TAB, rangkaian pada balance tab dirancang sedemikian rupa sehingga saat main
control surface bergerak, tab bergerak dalam arah yang berlawanan, sehingga
gaya aerodinamika yang bekerja pada tab membantu pergerakkan main control
surface.
SPRING TAB,
bekerja seperti hydraulic actuator , membantu pergerakkan primary control
surface. Konstruksinya terdiri dari susunan spring dan rangkaian mekanik
lainnya. Dalam beberapa pesawat udara , spring tab dipasang pada trailing edge
masing-masing aileron dan digerakkan oleh gaya spring push pull rod yang
dirangkaikan ke aileron control linkage.
BIDANG-BIDANG KENDALI TERBANG
PELENGKAP (AUXILIARY FLIGHT CONTROL
SURFACES )
Yang termasuk auxiliary flight
control surface adalah : flaps , spoilers, speed brakes , slats, leading edge
flaps and slot. Auxiliary group tersebut dibagi 2 kelompok yaitu kelompok
penambah gaya angkat (lift increasing group) dan kelompok pengurang gaya angkat
(lift decreasing group).
Yang
termasuk lift increasing group adalah : flaps, trailing edge and leading
edge slats , slots.
Yang
termasuk lift decreasing group adalah : speed brakes , spoilers.
Jenis flaps
terdiri dari :
1) plain
flap,
2) split
flap,
3) fowler
flap,
4) slotted
flap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar