Kamis, 12 Februari 2015

BIDANG-BIDANG KENDALI TERBANG PESAWAT UDARA (AIRCRAFT FLIGHT CONTROL SURFACES)

 
Posted by : ramarambofreak Sabtu, 29 November 2014
Pengendalian pesawat udara saat terbang dikontrol dalam tiga sumbu , yaitu sumbu lateral , sumbu longitudinal dan sumbu vertical, oleh bidang-bidang control ( flight control surfaces). Bidang-bidang control ini memandu pesawat udara selama terbang mulai take off, climbing, cruising , descent sampai landing. Flight control surfaces dibagi dalam tiga (3) kelompok utama yaitu primary control surface , secondary control surfaces dan auxiliary control surface

BIDANG-BIDANG KENDALI TERBANG UTAMA ( PRIMARY FLIGHT CONTROL SURFACES ).
Primary flight control surface terdiri dari aileron, elevator dan rudder..  
Aileron dipasang di bagian traling edge sayap, berfungsi mengontrol gerakan miring ( banking) ,belok ( turning) dan berputar dengan tumpuan sumbu longitudinal ( rolling). Pergerakan antara aileron kanan dan kiri arahnya saling berlawanan
       Elevator dipasang di horizontal stabilizer, berfungsi mengontrol gerakan pitching(nose up and down ) dengan tumpuan sumbu lateral .
       Rudder dipasang di vertical stabilizer, berfungsi  mengontrol arah kiri dan kanan ( hiding) atau yawing , dengan tumpuan sumbu vertical.


BIDANG-BIDANG KENDALI TERBANG PEMBANTU ( SECONDARY FLIGHT CONTROL SURFACES)
            Yang termasuk secondary flight control surface adalah macam-macam tabs yaitu : trim tab , servo tab, spring tab, balance tab.
Fungsi tabs adalah :
- untuk membantu pilot mengurangi gaya yang dibutuhkan untuk menggerakkan primary flight  
  control .
- untuk membantu pilot dalam melakukan trim and balance pesawat  saat kondisi terbang. 
Tab merupakan bidang control yang kecil yang dipasang pada bagian trailing edge dari primary control surfaces. Perhatikan gambar 24 !
TRIM TAB , berfungsi mengontrol keseimbangan sebuah pesawat udara sehingga dapat menjaga dan mempertahankan posisi terbang dalam kondisi lurus dan mendatar (straight and level ) , tanpa tekanan pada control column, control wheel atau rudder pedal.Sebagian besar trim tab dipasang pada pesawat udara dioperasikan secara mekanikal dari cockpit melalui sistem kabel. Akan tetapi ada juga yang dioperasikan menggunakan electrical actuator. Trim tab dipasang pada elevator , rudder dan aileron.
SERVO TAB, sering disebut flight tab , digunakan terutama untuk main control surface yang besar/lebar, yang bekerja membantu pergerakan control surface dan menahannya pada posisi yang diinginkan. Hanya servo tab yang bergerak merespon terhadap pergerakkan cockpit control, dimana horn dari dari servo tab bersifat bebas terhadap pivot sumbu engsel main control surface. Tekanan aliran udara pada servo tab akan menggerakkan primary control surface, dengan demikian mengurangi tenaga yang dibutuhkan pilot untuk menggerakkan primary control surface tersebut.
BALANCE TAB, rangkaian pada balance tab dirancang sedemikian rupa sehingga saat main control surface bergerak, tab bergerak dalam arah yang berlawanan, sehingga gaya aerodinamika yang bekerja pada tab membantu pergerakkan main control surface.
SPRING TAB, bekerja seperti hydraulic actuator , membantu pergerakkan primary control surface. Konstruksinya terdiri dari susunan spring dan rangkaian mekanik lainnya. Dalam beberapa pesawat udara , spring tab dipasang pada trailing edge masing-masing aileron dan digerakkan oleh gaya spring push pull rod yang dirangkaikan ke aileron control linkage.
BIDANG-BIDANG KENDALI TERBANG PELENGKAP (AUXILIARY FLIGHT CONTROL SURFACES )
            Yang termasuk auxiliary flight control surface adalah : flaps , spoilers, speed brakes , slats, leading edge flaps and slot. Auxiliary group tersebut dibagi 2 kelompok yaitu kelompok penambah gaya angkat (lift increasing group) dan kelompok pengurang gaya angkat (lift decreasing group).
Yang termasuk lift increasing group adalah : flaps, trailing edge and leading edge slats , slots.
Yang termasuk lift decreasing group adalah : speed brakes , spoilers.
Jenis flaps terdiri dari :
1) plain flap,
2) split flap,
3) fowler flap,

4) slotted flap
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar